Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Persen Laporan Keuangan Daerah Buruk

Kompas.com - 10/06/2010, 16:28 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com - Masih banyak pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, yang laporan keuangannya buruk. Direktur Jenderal Bina Administrasi Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Timbul Pudjianto menyebutkan, setidaknya ada 209 pemerintah daerah atau 40 persen dari 524 pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia yang laporan keuangannya buruk.

Hal itu, dia sampaikan usai memberikan ceramah pengelolaan keuangan daerah pada Semiloka Nasional Pengelolaan Keuangan Daerah dalam Kerjasama Antar-Daerah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (10/6/2010). "Jumlah ini masih tinggi, dan masih harus terus diperbaiki," katanya.

Timbul mengatakan, ada dua masalah utama yang menyebabkan pelaporan keuangan daerah masih buruk. Masalah pertama, sumber daya manusia yang menangani pengelolaan keuangan daerah di sebagian besar pemerintahan daerah tidak ditangani oleh tenaga profesional. Masalah kedua, pencatatan aset daerah masih kurang diperhatikan pemerintah daerah.

"Padahal salah satu penyebab rusaknya neraca daerah adalah akibat aset-aset yang tak dicatat dengan baik," ucapnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com